Pencarian Tanaman Hias Disini

Tanya jawab - Bercocok tanam Tanpa Tanah ?

Tanya : 
Mau Tanya Gimana caranya kalau bercocok tanam, sedangkan di situ ga ada media tanah sedikitpun. Apa bisa menggunakan media lain? dan tanaman apa yang bisa ditanam di media tersebut?

Jawab: 
Sekarang kita mengenal sistem pertanian Hidroponik. Awalnya Hidroponik ini hanya bercocok tanam menggunakan media air (Hidro), Tapi lama - lama berkembang menjadi sistem pertanian tanpa tanah. Jadi bisa menggunakan Sekam bakar, Cocochips (Potongan Serabut Kelapa), Arang, Pasir, bahkan potongan Sterofoam. Untuk pertanian Teknik Khusus ada yang menggunakan Rockwoll (Serat Batu Apung) yang biasa digunakan untuk sitem pertanian hidroponik komersial dan felt (Semacam kain yang berasal dari woll) untuk teknik tanam Bertingkat (Vertical Garden). Bahkan Ada yang Tanpa Media namanya Aeroponik. Jadi akar tanaman yang menggantung dan nutrisinya disemprotkan langsung. 

Bercocok Tanam dengan Sistem Hidroponik
Kembali ke prinsip dasar, fungsi media tanam adalah sebagai sumber nutrisi dan sebagai 'pegangan' akar. Dua fungsi ini bisa dilakukan oleh tanah. Nah, Media pengganti tanah tidak bisa melakukan fungsi  menyediakan nutrisi. Karenanya, Nutrisi harus disuplai oleh manusia melalui penambahan pupuk yang dilarutkan oleh ke dalam air. Khusus untuk pertanian hidroponik profesional, kita mengenal larutan A dan B (ini menggunakan pupuk sintetis). Nah jika ingin membuat sendiri bisa menggunakan pupuk cair dari bahan organik. Bisa membeli jadi atau membuat sendiri. Untuk pembuatan pupuk dari bahan organik akan di bahas dalam kategori Tips Tanaman.

Bercocok Tanam Dengan Sistem Aeroponik

Forum Tanya Jawab Seputar Tanaman - Bertanam - Tanaman Hias Bali Green

Putra Garden
Tanaman Hias dan Apotek Hidup Harga Termurah di Denpasar Bali
Cheapest HousePlants in Bali

Sumber : Majalah Garden, Edisi 63/2012