Pencarian Tanaman Hias Disini

Tips Cara Merawat Tanaman Mawar

Agar bunga mawar berbunga banyak dan Berkelanjutan, lakukan beberapa hal penting berikut : 


* Beri Makan dan minum secara teratur. Makanan berupa pupuk khusus tanaman mawar atau jika tidak ada beri kompos atau humus. Pemupukan dilakukan menjelang musim semi atau kalo di indonesia saat akhir musim hujan, menjelang musim semi. Beri makan lagi setiap 2 bulan selama periode berbunga. Saya biasa menggunakan pupuk organik khusus mawar, terkadang juga kotoran sapi dan kotoran ayam yg sudah jadi (sudah kering dan terkomposisi / bukan yg masih baru). Beri minum yg banyak sesuai yg sudah saya tulis di atas. 

* Gemburkan tanah dan cabut gulma / tanaman liar. Bahan organik ini bisa berupa cacahan kulit pohon, cacahan daun2an, potongan rumput yg dipangkas, jerami, potongan sayuran buangan dari dapur. Mulching ini menghindari tumbuhnya tanaman liar, mengurangi frekwensi penyiraman karena kelembaban tanah terjaga, bahan2nya akan terlomposisi dan menjadi humus yang bagus untuk tanaman. Mulching di musim dingin menjadi pelindung untuk mawar dari terpaan salju dan hawa dingin. 

 * Memangkas Mawar. Pemangkasan mawar tergantung jenis mawar. Mawar antik / mawar kuno gak boleh dipangkas pada musim semi karena mawar jenis ini bunganya dihasilkan dan cabang2 yg dihasilkan dari tahun sebelumnya. Kalo dipangkas pada musim semi maka bunga yg dihasilkan akan sedikit atau malah tidak berbunga sama sekali. Mawar merambat / climbing rose / rosier grimpant pada 2 tahun pertama tidak boleh dipangkas karena akan membuat tanaman itu tidak menghasilkan cabang2 yang panjang dan merambat. Pangkas atau buang cabang yg kering, yang mengarah ke dalam tanaman dan ranting yang bunganya telah layu. Buang juga ranting dengan daun yang menguning. Lebih jauh tentang pemangkasan mawar akan saya tuliskan tersendiri di waktu yang akan datang. 

* Mencegah dan mengobati penyakit mawar Bila tanah subur dan lobang tempat tanam dibuat dalam, maka mawar akan jarang sakit. Penyakit yang umum pada mawar adalah Marsonia (bercak hitam), Oidium dan karat daun. Bila itu terjadi saya hanya memberi makan tanaman, dan membuang daun2 yang sakit (dipotong, dikumpulkan dan dibakar). Untuk pencegahan saya menyemprotkan cairan preles (bahan organik). Hama mawar berupa kutu daun(di Prancis disebut puceron), yang memakan pucuk muda dan kuncup bunga. Saya atasi dengan memencet kutu tsb. Kalo kebanyakan biasanya saya pake campuran air savon de marseille (sabun marseille yaitu sabun organik) dan sesendok minyak sayur / olive oil). Saya semprotkan cairan ini dan selang 3 hari kemudian disemrotkan lagi untuk mematikan kutu2 yang masih tersisa. 

* Membuang “Gourmand”. Pada tanaman mawar yang menggunakan teknik grafting, terkadang muncul tunas yang keluar dari batang bawah. Tunas ini di sebut Gourmand. Kita bisa mengenali gourmand ini karena bentuk dauannya yang kecil, berbeda dengan daun mawar yang dipakai sebagai batang atas. Buangi dan matikan gourmand itu karena kalo dibiarkan akan mendominasi mawar dan mematikan mawar batang atas.

Tamanan Hias dan Apotek Hidup Termurah dan Terlengkap 
di Denpasar Bali
Putra Garden Tanaman Hias 
03617422220