Pencarian Tanaman Hias Disini

Macam Jenis Tanaman Apotek Hidup dan Manfaatnya

Apotek Hidup 
Apotik Hidup adalah istilah yang mengacu pada lahan yang ditanami berbagai macam tumbuhan yang dipercaya berkhasiat untuk mengobati beberapa macam penyakit secara tradisional. Lahan yang dibutuhkan untuk membuat apotek hidup tidak harus luas,tanaman yang ditanam pun tidak harus berwarna hijau. Pilihlah beberapa tanaman yang berkhasiat, yang bunganya juga bisa mempercantik taman. Sebab seringkali kita tidak menyadari bahwa bunga-bunga yang sedang kita nikmati kecantikannya juga memiliki khasiat yang sangat bermanfaat sebagai Obat (Tanaman Apotek Hidup / TOGA Tanaman Obat Keluarga).


Tumbuhan sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan, karena disamping sebagai sumber makanan juga dapat sebagai obat. Kadang-kadang untuk menyembuhkan suatu penyakit tidak hanya dapat disembuhkan dengan pengobatan modern, tetapi juga disembuhkan dengan menggunakan dari tanaman obat-obat berkasiat (Widyawati, 1999:34).Tumbuhan obat tradisional, sangatlah penting dalam keluarga. Dengan menanam tanaman obat-obatan di pekarangan, selain dimanfaatkan untuk obat dapat juga ditata dengan baik sebagai penghias pekarangan. Pekarangan rumah menjadi tampak asri dan penghuninya dapat memperoleh obat-obatan yang diperlukan untuk mejaga kesehatan. Pemanfaatan berbagai jenis tumbuhan pekarangan rumah merupakan salah satu gambaran masyarakat yangtelah menyadari arti penting tumbuhan tersebut bagi penyembuhan penyakit, dengan adanya tumbuhan tradisional dapat digunakan sebagai obat tradisional yang khusus diramu untuk digunakan sesuai dengan jenis penyakit yang diderita. 

Manfaat Apotek Hidup 
Apotek hidup di Indonesia belum banyak ada padahal Indonesia merupakan negarayang banyak terdapat tanaman obatnya namun masih belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Padahal apotek hidup itu banyak sekali manfaatnya dan kegunaannya. Berbagai manfaat dari apotek hidup yaitu:
1. Aman bagi kesehatan karena yang digunakan merupakan tanaman yang alami.
2. Lebih menghemat biaya hidup karena tanaman yang digunakan dapat dipakai untuk membuat obat atau digunakan berbagai produk sehari-hari dengan cara yang mudah.
3. Dapat dibuat menjadi obat herbal yang lebih bermanfaat dan lebih banyak khasiatnya.
4. Membuat orang yang memilikinya pintar dalam hal pemanfaatan tanaman terutama tanaman obat.
5. Dengan memiliki apotek hidup, rumah menjadi asri, cantik, sehat.
6. Taman dapat memberikan efek psikologis bagi orang yang sedang sakit sehingga lebih cepat sembuh.
7. Merawat tanaman juga menjadi sarana Anda menggerakkan tubuh dan berolahraga. Hasilnya tubuh menjadi sehat dan cantik. 

Pengelompokkan Apotek Hidup 
Adapun pengelompokkan tanaman apotik hidup terbagi dalam lima kelompok yaitu:
Tanaman buah, yaitu tanaman penghasil buah dan biasanya dikonsumsi buahnya dandimiliki khasiat sebagai obat. 
Tanaman sayuran, yaitu bahan masakan, sumber vitamin dan mineral serta memilikikhasiat obat
Tanaman rempah-rempah, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur danmemiliki khasiat obat.
Tanaman hias, yaitu tanaman yang biasa digunakan sebagai unsur dekorafis didalammaupun diluar diluar ruangan namun memiliki khasiat obat.
Lain-lain, yaitu tanaman yang berkhasiat obat selain dari tanaman buah, tanaman sayuran,tanaman rempah-rempah dan tanaman hias.