Pencarian Tanaman Hias Disini

Manfaat dan Khasiat Daun Zodia Sebagai Tanaman Herbal

Satu lagi tumbuhan asal Papua yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat yaitu zodia. Tumbuhan yang memilki nama latin evodia sauveolens ini kini tidak hanya dapat ditemukan di Papua, sudah banyak orang yang membudidayakannya di berbagai daerah karena menyadari kekayaan manfaatnya. Tumbuhan ini tidak memakan banyak tempat karena rata-rata hanya memiliki tinggi 75 centimeter.
Bentuk Dan Foto Tanaman Herbal Zodia

Untuk zodia yang tumbuh liar di hutan tingginya bisa mencapai 2 meter. Bentuknya mirip dengan sambiloto namun dengan daun yang berwarna kuning kehijauan dan berbentuk pipih memanjang serta lentur. Aroma khas nya timbul ketika daun-daunnya saling bergesekan. 

Daun zodia mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi tubuh seperti linalool, apinene, rutaecarpine, dan evodiamine. Dengan mengonsumsi daun ini kita akan memetik banyak manfaat diantaranya: 

Sebagai pengusir nyamuk dan serangga Di daerah asalnya daun zodia digunakan sebagai pengusir nyamuk dan serangga. Hal ini didukung dengan kandungan senyawa linalool dan aroma khas yang dimiliki tumbuhan ini yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. (Baca juga: manfaat tanaman vanili) 

Mengatasi bentol dan gatal akibat digigit nyamuk Selain itu daun zodia juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan bentol akibat digigit nyamuk. Caranya dengan menggosokkan daun zodia pada bagian tubuh yang bentol dan gatal. 

Mengobati penyakit malaria Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit plasmodium yang disebarkan oleh nyamuk anopheles betina. Penyakit yang ditandai dengan demam yang disertai tubuh menggigil ini dapat diatasi dengan menggunakan obat tradisional yaitu daun, bunga, atau batang tumbuhan zodia. Salah satu caranya dengan meminum air rebusan kulit batang zodia. 

Mengobati penyakit kanker Penyakit berbahaya seperti kanker ternyata tidak hanya dapat disembuhkan dengan obat-obatan modern. Obat tradisional seperti daun atau bunga zodia juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit ini. 

Menghambat perkembangan sel-sel kanker Mengonsumsi daun zodia juga dapat membantu tubuh untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker sehingga tidak menjadi ganas dan berkembang. 

Mencegah perkembangan tumor Meskipun tumor tidak seganas kanker namun keberadaannya di dalam tubuh cukup mengkhawatirkan. Agar tumor tidak berkembang lebih lanjut menjadi tumor ganas kita bisa memanfaatkan daun zodia sebagai ramuan. 

Mengatasi sariawan Kekurangan vitamin C merupakan salah satu penyebab timbulnya sariawan. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan daun zodia. Caranya dengan meminum air rebusan daun zodia. 

Mengatasi bau badan Meskipun tidak termasuk berbahaya namun masalah bau badan yang tidak sedap dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan aromanya yang khas dan harum kita dapat memanfaatkan daun zodia untuk menghilangkan bau badan.  

Sebagai parfum alami Selain itu daun zodia juga digunakan oleh sebagian orang khususnya masyarakat Sentani sebagai parfum alami. Caranya dengan mengoleskan ramuan daun zodia pada kulit, dijamin kulit anda akan memiliki aroma yang harum seperti daun zodia. 

Mengatasi demam Suhu tubuh yang tinggi tidak bisa disepelekan. Meskipun ini merupakan penyakit yang umum diderita namun kita harus tetap waspada dan secepat mungkin menanggulanginya. Ada berbagai macam tanaman obat yang bisa dimanfaatkan sebagai penurun demam, salah satunya dengan meminum air rebusan daun zodia. 

Mengatasi bau mulut Selain bau badan bau mulut yang tidak sedap juga sangat mempengaruhi kepercayaan diri. Daun zodia juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Caranya sangat sederhana yaitu dengan mengunyah daun zodia kemudian ampasnya dibuang. Setelah itu bau mulut akan hilang dan digantikan aroma harum zodia. (Baca juga: 15 manfaat cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan) 

Mengatasi sakit kepala Sakit kepala merupakan sakit yang dikeluhkan oleh banyak orang dan disebabkan oleh berbagai faktor. Untuk mengatasinya kita dapat merebus daun zodia dengan air secukupnya selama beberapa menit hingga mendidih. Kemudian airnya diminum ketika masih hangat. 

Mengatasi perut kembung, begah, dan masuk angin Gangguan pada sistem pencernaan serta tingginya kadar gas dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan perut kembung dan begah serta masuk angin. Gangguan ini dapat diatasi dengan mengonsumsi ramuan dari daun dan bunga zodia. 

Mengobati diare Diare merupakan kondisi dimana tinja atau feses seseorang menjadi begitu cair dan frekuensi buang air besar menjadi lebih sering. Penyakit ini tidak bisa disepelekan karena dapat berujung pada kematian terutama pada balita. Untuk mengatasinya kita dapat mengonsumsi ramuan daun zodia.
Mengobati disentri Penyakit disentri memiliki gejala yang mirip dengan diare namun lebih parah dengan gejala-gejala tambahan seperti mual, kram pada perut, hingga demam. Penyakit ini juga bisa diatasi dengan meminum ramuan daun zodia. 

Meningkatkan stamina Aktivitas tiada henti dan pekerjaan yang menumpuk menguras banyak energi sehingga dapat menurunkan stamina. Untuk mengembalikan dan meningkatkan stamina tubuh kita dapat mengonsumsi ramuan daun zodia.  

Menghambat perkembangan radikal bebas Kandungan antioksidan pada daun zodia dapat membantu tubuh dalam menghambat perkembangan radikal bebas. Karena seperti yang kita ketahui perkembangan radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit-penyakit berbahaya seperti jantung serta menyebabkan penuaan dini. 

Mengatasi wasir Penyakit wasir atau ambeien disebabkan pembuluh darah di sekitara anus mengalami peradangan atau pembengkakan. Hal ini mengakibatkan penderitanya akan merasa kesakitan saat buang air besar atau duduk. Untuk mengobatinya kita dapat menggunakan ramuan dari daun zodia.  

Melancarkan dan menyehatkan pencernaan Sistem pencernaan merupakan fungsi tubuh yang amat penting karena berhubungan dengan pemrosesan dan penyerapan sari makanan untuk asupan tubuh. Selain itu juga melibatkan pembuangan zat sisa pencernaan secara lancar. Agar semua fungsi ini berjalan maksimal kita perlu memiliki sistem pencernaan yang sehat yang bisa didapatkan salah satunya dengan mengonsumsi ramuan daun zodia.  

Sebagai tanaman hias Tanaman zodia juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias untuk memperindah rumah atau taman.  

Sangat bermanfaat bukan? Setelah mengetaui manfaat daun ini tidak ada salahnya untuk mencoba membudidayakan tanaman ini di halaman rumah. Dengan demikian ketika dibutuhkan dapat langsung diracik menjadi obat. Proses penanamannya juga cukup sederhana dan media tanamnya juga tidak mahal, cukup menggunakan pot biasa dan tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik.