Pencarian Tanaman Hias Disini

Tips Tips Seputar Pemeliharaan Tanaman



Menghemat Air Menggunakan Sabut Kelapa 
Kini Anda tidak perlu lagi repot-repot menyiram tanaman setiap hari. Letakkan saja sabut kelapa di sekeliling tanaman Anda, lalu siram tanaman seperti biasa, jangan lupa, sabutnya juga ikut disiram. Daya serap sabut kelapa yang kuat menjaga kelembaban tanah di sekeliling tanaman Anda. Hasilnya, tanaman memiliki persediaan air yang cukup sehingga kegiatan menyiram tanaman tidak perlu dilakukan setiap hari.

Tanaman lebih subur Dengan Teh 
Siram tanaman Anda dengan teh yang sudah tidak terpakai, teh basi yang sudah didiamkan semalaman), atau air bekas cucian daging. Lakukan secara rutin. 

Rumput dan Garam 
Garam dapur dapat dimanfaatkan untuk memperlambat pertumbuhan rumput. Larutkan garam ke dalam air dengan perbandingan kira-kira 2:1, kemudian siramkan ke seluruh permukaan rumput yang baru saja dipangkas. 

Menyiram Pot Gantung 
Ketika kita menyiram tanaman yang ada di pot gantung, sering timbul masalah yaitu air siraman tersebut terus menetes ke bawah sehingga mengotori lantai. Oleh karena itu kita siasati dengan menggunakan es batu sebagai pengganti air siram. Es batu akan mencair secara perlahan dan meresap ke dalam tanah juga secara perlahan, sehingga tidak menetes membasahi lantai. 

Menyuburkan tanaman dengan kulit bawang 
Kumpulkan kupasan kulit bawang, merah atau putih, rendam dalam air secukupnya selama semalam. Kemudian siram air tersebut tanpa membuang kulit bawang ke tanaman. Lakukan terus secara rutin.

Pestisida ramah lingkungan 
Ambil segenggam cabe merah keriting. Haluskan dengan blender atau tumbuk. Campur dengan air, kira-kira seukuran botol air mineral ukuran sedang. Jemur di bawah matahari selama beberapa menit. Saring dan masukkan larutan cabe ke dalam botol sprayer. 

Pupuk Vetsin 
Taburkan vetsin sedikit ke permukaan media tanam dan siram dengan air bersih sedikit demi sedikit hingga terlihat meresap ke dalam media. Ulangi setiap lima hari atau seminggu sekali. 

Pupuk Teh 
Sebarkan ampas teh di sekitar akar tanaman sambil agak dibenamkan ke dalam tanah. Jika Anda menggunakan teh celup, buka dulu kertas pembungkus ampas teh. 

Mengusir ulat di rumput 
Ambil tiga sendok makan garam dapur, kemudian larutkan dengan satu ember air. Siramkan pada rumput-rumput yang banyak ulatnya. 

Membasmi rumput liar 
Siapkan satu liter air panas, tambahkan 2-3 sendok makan garam, aduk sampai rata. Kemudian siramkan larutan garam tersebut pada akar-akar rumput liar. 

Selamat mencoba dan semoga berhasil

Putra Garden 
Menjual Aneka Tanaman Hias dan Apotek Hidup 
Termurah di Denpasar - Bali
03617422220 / 081239611122